Navigation Pages

bintang

Senin, 23 Januari 2017

Ulama Haramain



A.    Pengertian Ulama
Ulama (Arab:العلماء al-`Ulamā`, tunggal عالِم ʿĀlim) adalah pemuka agama atau pemimpin agama yang bertugas untuk mengayomi, membina dan membimbing umat Islam baik dalam masalah-masalah agama maupum masalah sehari-hari yang diperlukan baik dari sisi keagamaan maupun sosial kemasyarakatan. Makna sebenarnya dalam bahasa Arab adalah ilmuwan atau peneliti, kemudian arti ulama tersebut berubah ketika diserap kedalam Bahasa Indonesia, yang maknanya adalah sebagai orang yang ahli dalam ilmu agama Islam.
Ulama Haramain adalah ulama yang berasal dari dua kota suci yaitu Mekah dan Madinah. Mekah dan Madinah, sering disebut dengan haramain yang berarti “dua haram” menduduki posisi sangat istimewa dalam Islam dan kehidupan kaum muslim. Haramain merupakan tempat Islam diturunkan kepada Nabi Muhammad. Mekah adalah kiblat, ke arah para muslim menghadapkan wajah untuk ibadah sholat dan dimana mereka melakukan ibadah haji. Dengan keagamaan khas seperti itu, tidak heran kalau banyak keutamaan dilekatkan kepada Mekah dan Madinah.
Ulama Nusantara yaitu mereka para ulama yang menimba ilmu di Haramain dan menyebarkannya di Nusantara, sebagian dari mereka juga mendapatkan ilmunya di Indonesia dimana para guru-guru mereka juga menimba ilmu di Haramain. Hubungan antara muslim di Nusantara dan Timur Tengah mulai menemukan momentum dengan muncul dan berkembangnya kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia. Intensifikasi perdagangan di lautan India menimbulkan kontak yang lebih intens tidak hanya di antara para pedagang muslim, tetapi juga di antara penguasa dan pejabat-pejabat muslim. Percepatan hubungan-hubungan ini memberi sumbangan signifikan kepada pertumbuhan jumlah jamaah haji Indonesia di Haramain, yang pada gilirannya memacu keterlibatan mereka di dalam jaringan ulama yang ada.
B.     Jaringan Ulama Haramain
1.      Habib Abdullah Bin Ali Al-Haddad
Beliau dilahirkan di kota Hawi, Tarim, pada tanggal 2 Shafar 1261 H. Semenjak kecil beliau mendapatkan pendidikan langsung dari kedua orangtuanya. Hal itu memang sudah menjadi suatu ciri para ulama salaf Bani Alawi, yang kebanyakan dari mereka semenjak kecil dididik langsung oleh orangtua-orangtuanya.
Menginjak usia dewasa, beliau berguru kepada para ulama besar yang ada di kota Tarim. Di antara guru-guru beliau adalah Al-Habib Hamid bin Umar Bafaraj; Al-Habib Umar bin Hasan Alhaddad; Al-Habib Muhammad bin Ibrahim Bilfagih; Al-Habib Abdurrahman bin Muhammad Almasyhur (mufti Tarim saat itu); Al-Habib Idrus bin Umar Alhabsyi (pengarang kitab Iqdul Yawaaqit); Al-Habib Muhsin bin Alwi Assegaf; dan Al-Habib Muhammad bin Syaikh Jamalul Lail.
Pada tahun 1295 H, berangkatlah beliau menuju ke tanah Haram untuk menunaikan ibadah haji. Di kota Mekah, beliau tinggal di kediaman Al-Habib Muhammad bin Husin Alhabsyi yang berada di daerah Jarwal. Disana keduanya saling mengisi dengan membaca bersama-sama kitab-kitab agama. Pada saat di kota Madinah, beliau bertemu dengan Asy-Syaikh Muhammad bin Abdul Mukti bin Muhammad Al-Azab, seorang fagih dan pakar bahasa dan kesustraan arab, serta pengarang kitab maulud Al-Azab. Disana juga keduanya saling mengisi dengan saling memberikan ijazah.
Pada tahun 1297 H, beliau melakukan hijrah dalam rangka berdakwah ke negeri Melayu. Tempat awal yang beliau tuju adalah Singapura, kemudian beliau menuju ke Johor. Di Johor ini beliau tinggal selama 4 tahun. Setelah itu beliau meneruskan perjalanan dakwahnya ke pulau Jawa. Sampailah beliau di daerah Betawi. Beliau lalu meneruskan perjalanan ke kota Bogor, Solo dan Surabaya. Beliau tidak tertarik tinggal di kota-kota tersebut, walaupun diajak penduduk setempat untuk menetap di kotanya.
Sampai akhirnya pada tahun 1301 H, tepatnya akhir Syawal, beliau tiba di kota Bangil. Disanalah beliau menemukan tempat yang cocok untuk menetap dan berdakwah. Mulailah beliau membuka majlis taklim dan rauhah di kediaman beliau di kota Bangil. Beliau juga mengembangkan dakwah Islamiyyah di daerah-daerah lain di sekitar kota Bangil. Disana juga beliau mengamalkan ilmunya dengan mengajar kepada murid-murid beliau. Keberadaan beliau di kota Bangil banyak membawa kemanfaatan bagi masyarakat di kota tersebut. Tidak jarang pula, masyarakat dari luar kota datang ke kota itu dengan tujuan untuk mengambil manfaat dari beliau.
Beliau adalah seorang yang sangat pemurah dan sangat memperhatikan para fakir miskin. Beliau adalah seorang yang tidak suka dengan atribut kemasyhuran. Beliau tidak suka difoto atau dilukis. Beberapa kali dicoba untuk difoto tanpa sepengetahuan beliau, tetapi foto tersebut tidak jadi atau rusak. Beliau adalah seorang yang mempunyai sifat tawadhu. Beliau selalu menekankan kepada para muridnya untuk tidak takabur, sombong dan riya. Dakwah yang beliau jalankan adalah semata-mata hanya mengharapkan keridhaan Allah.
Sampai pada waktunya, beliau dipanggil oleh Sang Pencipta. Beliau wafat pada hari Jum’at, 15 Shofar 1331 H, sesudah melaksanakan shalat Ashar.
Karya-karyanya, antara lain
a.       An-Nasha`ih ad-Diniyyah wa al-Washaya al-Imaniyyah.
b.      Ad-Da'wah at-Tammah wa at-Tadzkirah al-'Ammah.
c.       Risalah al-Mu'awanah wa al-Muzhaharah wa al-Mu`azarah li ar-Raghibina min al Mu`minin fi Suluki Thariqi al-Akhirah.
d.      Risalah al-Mudzakarah ma`ah al-Ikhwan al-Muhibbin min Ahli al-Khairi wa ad-Din.
e.       Risalah Adab Suluki al-Murid.
f.       Itfah as-Sa`il bijawabi al-Masa`il.
g.      Sabil al-Adzkar bima Yamur bi al-Insan wa Yunqadhi lahu min `umrihi.
h.      Al-Fushul al-'Amaliyyah wa al-Ushul al-Hukmiyyah.
i.        An-Nafais al-Alawiyyah fi al-Masa`il ash-Shufiyyah.
j.        Kitab al-Hikam.
2.      Habib Ja’far Bin Syekhan As-Segaf
Beliau adalah Al-Habib Ja’far bin Syaikhan bin Ali bin Hasyim bin Syeikh bin Muhammad bin Hasyim Assegaf. Beliau dilahirkan di kota Ghurfah, Hadramaut pada tahun 1298 H. Sebagaimana kebanyakan para Salaf Bani Alawi, semenjak kecil beliau mendapat pendidikan langsung dari ayahnya, Al-Habib Syaikhan bin Ali Assegaf. Selain beliau menuntut ilmu kepada ayahnya, beliau juga mengambil ilmu dari ulama-ulama besar di Hadramaut, diantaranya Al-Habib Idrus bin Umar Alhabsyi (pengarang ‘Iqdul Yawaaqit); Al-Imam Al-Qutub Al-Habib Ali bin Muhammad Alhabsyi; dan Al-Imam Al-Habib Ahmad bin Hasan Alatas.
Beberapa tahun kemudian, berangkatlah beliau ke kota Makkah untuk menunaikan ibadah haji. Semangat beliau untuk menuntut ilmu seakan tak pernah pupus. Kesempatan beliau berada di kota Makkah tak beliau sia-siakan. Kesempatan itu beliau pergunakan untuk menuntut ilmu dari para ulama yang ada disana, diantaranya Al-Habib Husin bin Muhammad Alhabsyi; dan Al-Habib Muhammad bin Salim As-Sirry.
Setelah dari kota Mekah Al-Mukarramah, kembalilah beliau ke kota kelahirannya, Ghurfah. Disana beliau kemudian diangkat menjadi imam masjid jami Ghurfah. Beliau tinggal di kota tersebut selama 8 tahun. Setelah itu beliau pindah ke kota Tarim. Disana beliau dipercaya mengajar di Rubath Tarim, sebuah sekolah yang banyak sekali mencetak ulama-ulama besar. Di kota Tarim beliau tinggal selama 2 tahun. Kemudian setelah itu, beliau berhijrah ke Indonesia dan tinggal di kota Bondowoso. Tak lama kemudian, beliau lalu pindah ke kota Pasuruan dan menetap disana.
Di kota Pasuruan, beliau membuka majlis taklim dan mengajak masyarakat kepada agama Allah. Pribadinya yang arif menyebabkan beliau menjadi tempat bermusyawarah, mencari perlindungan dan pengayom masyarakat. Beliau selalu memberikan nasihat-nasihat agama dan petunjuk ke arah yang benar. Akhlak beliau mencontoh para pendahulunya yang penuh dengan sifat tawadhu, sabar, dan ramah. Tidaklah itu semua kecuali mengambil daripada akhlak-akhlak Rasulullah SAW.
Jika beliau menerima tamunya, beliau sendirilah yang menuangkan minuman buat si tamu dan beliau menolak jika ada orang lain yang hendak menggantikannya. Melihat kedalaman ilmu beliau terutama dalam ilmu tafsir dan disertai dengan keagungan akhlak beliau, Al-Habib Muhammad bin Ahmad Almuhdhor pernah mengatakan bahwa beliau adalah Al-Qur’an yang berjalan. Begitulah keadaan beliau yang menjadi figur bagi keluarga dan masyarakatnya. Berpulanglah beliau kepada Rahmatullah pada hari Senin, tanggal 14 Jumadil Akhir 1374 H. Jasad beliau lalu disemayamkan di samping masjid jami Pasuruan.
3.      Habib Alwi Bin Segaf Assegaf
Habib Alwi Bin Segaf Assegaf lahir di kota Sewun tanggal 13 Ramadhan 1267 H. Ibunya adalah Fatimah bt. Muhammad bin Abullah Sadeq Al-Amin. Pendidikan beliau yaitu beliau belajar dari ayahnya habib Segaf Assegaf dan gurunya Habib Ali bin Muhammad al-Habsyi. Beliau dakwah ke Jawa dan beliau mendirikan madrasah al- Khairiyah di Surabaya. Beliau wafat 17 Sya’ban 1336 Hijriah di Gresik. 

Ulama Nusantara

Tidak ada komentar:

Posting Komentar